Service MacBook Air A1466 - Susah Dinyalakan

Pusat Service MacBook Air A1466 - Logic Board Korosif
MacBook Air A1466

Pagi hari ada sahabat GoLaptop datang ke toko kami sambil membawa MacBook Air A1466, sebut saja namanya Raisya. terjadi komunikasi dengan petugas front liner GoLaptop. Ada yang bisa kami bantu kata GoLaptop. Raisya, gini mas MacBook saya sudah lama ndak saya pakai kurang lebih 3 bulan, coba saya nyalakan ketika saya tekan tombol powernya susah ndak mau nyala, kadang-kadang bisa nyala, ketika saya coba nyalakan lagi susah ndak nyala-nyala. Itu sepengal cerita kronologi kerusakan MacBook Air A1466 antara front liner GoLaptop dan sahabat GoLaptop, cerita ini sebagai dasar kami untuk menganalisa dan menjadi acuan saat kami memperbaiki MacBook Air A1466 yang susah dinyalakan.

Ok langsung saja kita bangkar MacBook Air A1466 yang susah dinyalakan, jangan lupa siapakan peralatannya seperti obeng set kusus untuk MacBook dan secangkir kopi hangat he.. he.. he..

Lanjut setelah proses pembongkaran selesai kami lakukan, hal pertama yang kita lakukan adalah mengambil logic board mengamati. Saat proses pengamatan inilah ditemukan banyak sekali komponen di logic board yang terkena korosif ketemu satu maslalahnya tersangka utama adalah korosif.

Langah selanjutnya kita bersihkan logic board yang terkena korosif menguanakan cairan khusus, setelah dibersihakan kita cek komponen tersebut mengunakan avometer apakah komponennya masih hidup, masih normal, ataukah sudah mati. Kalau kita temukan ada komponen yang mati kita ganti dengan komponen yang jenis dan ukuran sama. Langkah ini selain membutuhkan keahlian kusus juga membutuhkan kesabaran, ketelatenan, kejelian. Karena proses ini kita lakukan berulang-ulang, logic board dibersihkan cek kembali, dan ganti kalau ada yang mati, begitu seterusnya sampai kita cek semua komponen berjalan sesuai fungsinya.

Langkah selanjutnya kita kembalikan logic board pada casing MacBook kita rekit, pasang sparepart MacBook dan komponen pada tempatnya, kita periksa kembali komponen-komponen seperti logic board, cable flex, HDD/SSD, keyboard, touchpad apakah sudah terpasang dengan mantap dan menancap sempurna pada konektornya. Sebelum kita tutup dan pasang sekrup-sekrupnya kita nyalakan kembali sampai masuk MacOS kita periksa dan cek keyboard touchpad apa sudah berfungsi semestinya. Ketika kita pastikan semua sudah berjalan normal dan tidak ada kendala sesuai keluahan sahabat GoLaptop, baru kita tutup dan pasang sekrup-sekrup pada posisinya.

Setelah semuanya selesai langkah terakhir yang kita lakukan andalah uji coba dan menjalankannya kurang lebih 2-6 jam tanpa henti dengan dan menyambung ke wifi hotspot. ketika saat proses uji coba semua sudah berjalan normal dan semestinya. Saatnya kami menghubungi sahabat GoLaptop bahwa MacBook Air A1466 sudah selesai kami service dan repair, dan sudah siap diserahkan kepada sahabat GoLaptop.

Terima kasih.

0 comments