7 Tips Menjaga Kesehatan Baterai Laptop Agar Tetap Awet - Service Laptop Malang

7 Tips Menjaga Kesehatan Battery MacBook Agar Tetap Awet
Menjaga kesehatan baterai laptop

Dijaman semakin modern ini laptop sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian orang apalagi bagi generasi "Now". Semua kegiatan bisa dilakukan dengan laptop atau MacBook Anda, mulai dari mengerjakan tugas sekolah, tugas kampus, melakukan pekerjaan kantor, mengisi waktu luang dengan nonton film sampai mendengarkan musik kesukaan.

Untuk menunjang semua kegiatan itu, maka salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan laptop adalah daya tahan baterai laptop. Ketahanan baterai laptop tidak bisa lepas dan tergantung dari pemakaian, dan perawatan baterai laptop itu sendiri.

Agar kegiatan Anda tidak terganggu dikemudian hari maka yang perlu kita jaga agar baterai tetap prima, awet, dan daya tahan baterainya tetap terjaga maka ada beberapa tip yang perlu GoLaptop sampaikan disini. silahkan dibaca tips-tips merawat kesehatan baterai laptop sampai habis ya :).

1. Atur kontras keposisi rendah

Salah satu fitur yang menguras daya baterai adalah layar laptop. Cahaya yang terlalu terang bisa menyebapkan daya baterai cepat terkuras juga tidak baik untuk kesehatan mata Kita. Jadi, ketika mengunakan laptop atur kontras keposisi rendah pastikan kontras tetap nyaman ketika digunakan, ini kita lakukan agar daya tahan baterai lebih awet dan tidak cepat terkuras habis.

2. Pakai aplikasi sesuai kebutuhan

Buka aplikasi sesuai dengan kebutuhan anda, membiarkan laptop menjalankan beberapa aplikasi secara simultan bisa menyebapkan laptop bekerja lebih keras dan daya baterai lebih cepat terkuras. Maka, pastikan Anda menutup semua aplikasi yang tidak digunakan, selain baik untuk kinerja laptop juga dapat menjaga kesehatan dan menbuat daya baterai bertahan lebih lama.

3. Istirahatkan saat dicharge

Menggunakan laptop sambil dicharge adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan baterai. Menistirahatkan laptop saat posisi dicharger ini sangat baik bagi kesehatan baterai Anda, selain waktu pengecasan bisa berjalan lebih cepat pengisian daya baterai juga lebih stabil dan lebih masksimal.

Kalau kebiasan ini dilakukan saat mengisi daya baterai laptop Anda, maka dapat menambah umur baterai, dan baterai laptop Anda tidak cepat rusak.

4. Hindari habis total atau mengecas berlebihan

Ketika lagi serius mengerjakan tugas kantor,  lagi konsentrasi mencari materi makalah untuk tugas kampus, dan lagi asyik nonton film, kita sering lupa mengecas dan membiarkan baterai habis total karena lagi asyik dan serius menggunakan laptop. Tanpa Anda sadari, kebiasaan seperti ini bisa membuat baterai laptop Anda cepat rusak.

Di saat pemakaian berat, usahakan untuk langsung mengecas saat daya baterainya masih 50%, kalau saat pemakaian ringan, jangan sampai daya baterai kurang dari 25% baru dicharger. Hindari mengecas baterai berlebihan, apalagi sampai meninggalkan laptop dicharger atau menancapkan adaptor laptop terus menerus padahal daya baterai dalam kondisi penuh 100%, ini bisa merusak kinerja baterai dan bisa memperpendek usia baterai laptop itu sendiri. Lebih baik cabut adaptor saat kondisi baterai pada posisi 98-99%, agar kondisi baterai tetap prima dan tetap awet.

5. Jaga suhu laptop

Salah satu penyebap terbesar kerusakan laptop adalah overhead atau panas yang berlebihan. Nah, untuk menjaga baterai supaya tidak cepat rusak adalah dengan menjaga suhu laptop tetap normal.

Overhead ini bisa disebapkan pemakaian laptop yang terlalu lama, fan laptop yang tidak bisa berputar maksimal karena debu dan kotoran, thermal pasta yang sudah mengeras atau kering. Untuk mengatasinya, gunakan laptop sesuai kebutuhan jangan berlebihan, bersihkan fan laptop secara berkala, dan selalu cek kondisi thermal pasta jangan sampai kering.

6. Kontrol waktu pemakaian

Yang namanya barang elektronik pasti punya umur dan kapasitasnya sendiri. Kalau mau punya baterai laptop awet, kamu juga harus kondisikan dengan waktu pemakaiannya. Pastikan laptop Anda tetap punya waktu untuk istirahat, jangan diforsir terus menerus, dan digunakan tidak sesuai dengan speknya.

7. Perhatikan lingkungan 

Gunakan laptop pada tempat yang bersih, tidak berdebu, dan dengan sirkulasi udara yang lancar agar terhindar dari masuknya debu atau kotoran yang bisa mengakibatkan fan laptop menjadi kotor dan menjadi pemicu overhead. Selalu jaga kondisi laptop tetap bersih, laptop yang kotor kususnya pada bagian fan dan keyboard dapat menyebapkan kerusakan pada sparepart laptop bisa berakibat fatal pada laptop atau MacBook Anda.


Demikian 7 tip menjaga kesehatan baterai laptop yang dapat GoLaptop sampaikan semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda agar kesehatan baterai laptop tetap terjaga dan laptop tidak mudah rusak.

Kalau Anda mau punya laptop yang tahan lama dan tidak gampang rusak coba terapkan 7 tips menjaga kesehatan baterai laptop diatas agar baterai tetap dalam kondisi prima dan tetap awet. Pastikan selalu melakukan perawatan laptop minimal 6 bulan sekali untuk pembersihan fan dan penganti thermal pasta pada laptop atau MacBook kesayangan Anda.

Baterai laptop drop sudah pasti mengurangi performa laptop dan menganggu pekerjaan Anda. Daripada membeli baterai laptop baru lebih bijak Anda mulai merubah kebiasaan mengunakan laptop dan menjaga kesehatan baterai laptop agar tetap awet.

Terima kasih salam GoLaptop.
Service Laptop Malang Terbaik

0 comments