5 Tips Mudah Merawat Kamera CCTV

Jual Paket CCTV Malang
Kamera CCTV Malang
Dengan membeli dan memasang kamera CCTV banyak manfaat yang bisa kita dapatkan diantaranya:

  • Memantau pergerakan atau aktifitas mencurigakan yang terjadi di dalam maupun di luar rumah.
  • Mengantisipasi tindak kriminalitas yang bisa saja terjadi.
  • Dengan memanfaatkan kamera CCTV dapat memudahkan pihak berwajib untuk menemukan tersangka yang melakukan tindakan kriminal.

Agar fungsi dan manfaat yang kita dapat bisa berjalan sempuran dan dalam jangka waktu lama kamera CCTV harus dirawat dan dilakukan pemeliharaan secara berkala. Berikut ini kami sajikan tip mudah merawat kamera CCTV yang bisa Anda lakukan agar bisa berjalan dengan baik:

  1. Periksa Keakuratan Kamera CCTV

    Cara yang pertama adalah menjaga keakuratan kamera CCTV. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengecek keakuratan kamera CCTV adalah keakuratan jam dan waktu, pengendalian telemetri, dan keakuratan indikator. Selain itu, kita juga perlu melakukan cek kondisi DVR untuk mengetahui DVR dapat bekerja dengan baik atau tidak.
  2. Jaga Kamera CCTV Tetap Bersih

    Menjaga kebersihan kamera CCTV sangat penting dilakukan. Hal ini dapat dimulai dari menjaga kebersihan lensa kamera CCTV, housing, DVR, Monitor dan segala hal yang berhubungan dengan kamera CCTV. Pastikan semua perangkat tersebut tidak kotor dan terbebas dari debu. Sebab jika perangkat tersebut kotor, maka akan menjadi penghambat utama yang menyebabkan kinerja sistem CCTV menjadi tidak sempurna. Hal ini bisa berakibat gambar yang dihasilkan oleh kamera CCTV menjadi buram dan bahkan cepat membuat kerusakan.

  3. Cek Seluruh Komponen Kamera CCTV Secara Berkala

    Semua komponen kamera CCTV perlu dilakukan pengecekan secara mandiri. Kabel penghubung CCTV dan koneksi jaringan harus selalu dicek secara berkala. Jangan sampai ada komponen CCTV yang tidak terhubung. Sama halnya dengan posisi kamera CCTV juga harus diperiksa. Jangan sampai posisi dan target kamera CCTV tidak tepat. Periksa penyanggah kamera CCTV dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV. Sehingga kamera CCTV dapat berfungsi optimal.

  4. Backup Hasil Rekaman Kamera CCTV

    Anda juga harus melakukan backup data kamera CCTV secara berkala. Jika kapasitas kamera CCTV Anda sudah penuh, sebaiknya lakukan backup hasil rekaman CCTV tersebut. Kita bisa melakukan penyortiran data yang penting dan kurang penting. Sehingga kita bisa menghapus data yang kurang penting.

  5. Cek Selalu Pengaturan Rekaman Kamera CCTV

    Kamera CCTV memiliki banyak mode pengaturan. Lakukan pengaturan mode rekaman kamera CCTV dalam keadaan yang optimal. Kita bisa mengatur masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman, kualitas hasil rekaman, dan pengaturan-pengaturan Kamera CCTV lainnya. Sehingga kita bisa mendapatkan output data rekaman kamera CCTV yang optimal.

Demikian 5 tips mudah merawat kamera CCTV yang bisa Anda lakukan sendiri. Dengan merawat dan melakukan pemeliharaan kamera CCTV dengan baik, maka Anda tidak perlu khawatir dengan kinerja dan performa kamera CCTV yang Anda beli. Jika Anda membutuhkan tambahan perangkat kamera CCTV untuk rumah, kantor atau ingin memasang kamera CCTV baru GoLaptop siap membantu. Silahkan hubungi GoLaptop disini

0 comments